PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI


PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI


1.     RAWAT JALAN
            Prosedur pelayanan administrasi pada pelayanan rawat jalan yaitu :
Keterangan :
a.       Pasien datang mengambil no. antrian
b.      Registrasistrasi Pasien (Petugas memanggil no. antrian dan melakukan proses             registrasi pasien (baik pasien baru, lama atau jaminan)
c.       Pasien membayar ke Kasir
d.      Pasien menuju Poliklinik 
e.      Jika pasien tersebut mendapatkan tindakan di Poliklinik, maka pasien harus   bayar ke Kasir terlebih dahulu
f.        Pasien perlu layanan penunjang (laboraturium dan radiologi)
g.       Pasien membayar ke Kasir
h.      Pasien ke Poliklinik untuk dibacakan hasilnya
i.         Pasien di rujuk ke Poli Spesialis dan melakukan pembayaran di Kasir
j.        Pasien menuju ke Poli Spesialis
k.       Pasien ke Farmasi / Apotek untuk pengesahan obat
l.         Pasien membayar ke Kasir 
m.    Pasien mengambil obat ke bagian Farmasi / Apotek
n.      Pasien pulang




2.     RAWAT INAP
            Prosedur pelayanan administrasi pada pelayanan rawat inap yaitu :

Keterangan :
a.       Pasien datang
b.      Menuju loket admisi rawat inap, untuk melakukan :
1)    Pendaftaran admisi rawat inap
2)    Penerbitan identitas pasien rawat inap
3)    Penjelasan dan penandatangan general consent
4)    Penejelasan tata tertib rumah sakit
5)    Peneyerahan kartu kontrol dan gelang pasien
c.       Jika peserta JKN maka pasien ke loket BPJS Kesehatan untuk                                   melakukan verifikasi dan penerbitan SEP (Surat Eligibilitas Peserta)                       rawat inap, kemudian jika di acc maka pasien langsung masuk ke                              ruang rawat inap dan jika tidak maka pasien kembali ke loket admisi                        untuk merubah status menjadi pasien tunai.
d.      Jika pasien tunai maka pasien langsung masuk ke ruang rawat inap
e.      Jika peserta non JKN maka pasien ke unit admisi untuk penerbitan SJP                      (Surat Jaminan Pelayanan) rawat jalan, kemudian pasien menuju ruang               rawat inap.
  



















3.     GAWAT DARURAT
            Prosedur pelayanan administrasi pada pelayanan gawat darurat, yaitu :
Keterangan :
a.       Pasien datang ke unit gawat darurat
b.      Dilakukan triase kriteria emergency untuk menentukan apakah pasien                         tersebut termasuk emergency atau tidak, jika pasien menggunakan                           asuransi apabila tidak termasuk emergency maka asuransi tidak dapat                      dipakai  sehingga pasien menajadi pasien umum
c.       Melakukan registrasi / pendaftaran
d.      Melakukan tindakan gawat darurat di unit gawat darurat
e.      Jika perlu rawat inap maka melakukan registrasi ke unit rawat inap
f.        Jika tidak perlu rawat inap maka pasien ke bagian apotik untuk                                 mengambil obat jika diperlukan
g.       Melakukan pembayaran di kasir
h.      Pasien pulang




Sumber Referensi :


http://rsud.semarangkota.go.id/v2013/main/page/pelayanan/3

Komentar

Postingan Populer